Jalur Rapor

Deskripsi Singkat

Institut Pertanian Stiper mengadakan jalur seleksi Rapor bagi calon mahasiswa baru program pendidikan Sarjana. Seleksi Rapor dilakukan dengan menggunakan nilai rapor semester 4 dan semester 5 di SMA/MA/SMK yang diserahkan ke admin.

Catatan : Bagi calon mahasiswa baru yang memilih jalur seleksi Rapor hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) pilihan minat yang dikehendaki.

Persyaratan
  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK.
  2. Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  3. Pendaftaran dilakukan melalui laman pmb.instiperjogja.ac.id
  4. Peserta Jalur Seleksi Rapor wajib mengirimkan foto Rapor semester 4 dan 5 .
  5. Peserta Seleksi Jalur Rapor hanya dapat memilih 1 (satu) minat pada program studi yang ditawarkan
  6. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-
  7. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Alur Pendaftaran

Alur Pendaftaran Jalur Rapor

Alur menjelaskan tata cara dan prosedur yang akan diikuti oleh calon mahasiswa baru jalur seleksi Rapor sebagai berikut.

Pendaftaran
  1. Login ke pmb.instiperjogja.ac.id/pendaftaran/register dan memilih Metode RAPOR
  2. Mengisi formulir dengan lengkap dan kemudian di submit
  3. Mengirim foto Rapor semester 4 dan 5 ke Admin PMB
  4. Membayar biaya pendaftaran Rp. 200.000 ke rekening giro di BRI cabang pembantu Adisucipto atas nama Institut Pertanian STIPER No.Rekening 0410.01.0000.77309
  5. Bukti pembayaran dikirim ke admin PMB Melalui Email, Whatsapp atau dashboard akun Calon Mahasiswa Baru (CAMABA)
  6. Pendaftar akan menerima Pengumuman Hasil Verifikasi dari Admin
Daftar Ulang
  1. Calon Mahasiswa Baru membayar biaya daftar ulang sesuai dengan yang tertera dalam surat panggilan (Khusus sumbangan Tridharma PT dapat diangsur 4x dalam satu tahun)
  2. Calon Mahasiswa Baru mendapatkan potongan sumbangan Tridharma sebesar Rp. 1.000.000
  3. Bukti pembayaran dikirim ke admin PMB melalui Email, Whatsapp atau upload di dashboard akun Calon Mahasiswa Baru (CAMABA)
  4. Kirim berkas persyaratan daftar ulang ke email PMB atau upload di dashboard akun Calon Mahasiswa Baru (CAMABA)
  5. Admin Verifikasi berkas yang masuk, kemudian mengirimkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) ke mahasiswa baru
  6. Mahasiswa Baru yang sudah mendapatkan NIM akan menerima fasilitas berupa: Jas Almamater, Baju Seragam Fakultas, Buku Panduan Akademik (saat berada di kampus INSTIPER)
KHS Online di Sistem Informasi Akademik

Setiap mahasiswa baru agar bisa mengakses sistem informasi akademik maka mahasiswa harus Login di siakad.instiperjogja.ac.id dengan menggunakan NIM sebagai username dan password selanjutnya mengisi data diri dengan lengkap

Frequently Asked Questions

Pertanyaan

Disarankan meminta surat rekomendasi dari sekolah/kepala sekolah yang menyatakan nilai rerata rapor Anda masuk dalam rangking.

Iya bisa, dapat diangsur maksimal 4x dalam kurun waktu 1 tahun

Tentu bisa, disarankan secara aktif mengikuti segala informasi yang ada di INSTIPER khususnya beasiswa

Bisa mendaftarkan kembali selama masa pendaftaran sedang berlangsung atau disarankan mencoba pada minat lainnya yang memungkinkan

Tidak disarankan, tentukan pilihanmu sedari awal hal ini juga akan memudahkan proses belajar nantinya

Iya bisa, selama masa pendaftaran sedang berlaku dan dengan catatan menggunakan email dan nomer HP yang berbeda

Untuk saat ini INSTIPER sedang mengadakan gelombang 1 yang akan berakhir pada minggu keempat bulan April