Jalur Regular

Deskripsi Singkat

Institut Pertanian Stiper mengadakan jalur seleksi Reguler bagi calon mahasiswa baru program pendidikan Sarjana. Seleksi Reguler dilakukan dengan Ujian Tulis berbasis Komputer atau dikenal dengan Computer Based Test (CBT) yang dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing tanpa datang ke Kampus INSTIPER. Jadwal seleksi reguler tertera dibawah ini.

Catatan : Bagi calon mahasiswa baru yang memilih jalur seleksi Reguler dapat menentukan 2 (dua) pilihan minat yang dikehendaki.

Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer

Perangkat yang harus disiapkan oleh peserta sebagai berikut:

  1. Komputer (PC) atau laptop sebagai perangkat utama, yang terhubung ke internet dengan kualitas koneksi yang stabil.
  2. Menggunakan sistem operasi minimal Windows 7 atau Mac, dan telah terinstall browser Google Chrome atau Firefox.
  3. Apabila tidak ada perangkat komputer, ujian tulis tetap bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.
Persyaratan

Persyaratan dan ketentuan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer :

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK.
  2. Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  3. Pendaftaran dilakukan melalui laman pmb.instiperjogja.ac.id
  4. Peserta Seleksi Jalur Reguler dapat memilih 1 (satu) atau 2 (dua) minat pada program studi yang ditawarkan.
  5. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-
  6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Alur Pendaftaran

Alur Pendaftaran Jalur Regular

Alur menjelaskan tata cara dan prosedur yang akan diikuti oleh calon mahasiswa baru jalur seleksi Reguler sebagai berikut.

Pendaftaran
  1. Login ke pmb.instiperjogja.ac.id/pendaftaran/register dan memilih Metode REGULER
  2. Mengisi formulir dengan lengkap dan kemudian di submit
  3. Membayar biaya pendaftaran Rp. 200.000 ke rekening giro di BRI cabang pembantu Adisucipto atas nama Institut Pertanian STIPER No.Rekening 0410.01.0000.77309
  4. Bukti pembayaran dikirim ke admin PMB Melalui Email, Whatsapp atau dashboard akun Calon Mahasiswa Baru (CAMABA)
  5. Admin memverifikasi bukti pembayaran dan mengirimkan link untuk Tes CBT
  6. Melakukan Tes CBT
  7. Pendaftar akan menerima Pengumuman Hasil Verifikasi dari Admin
Daftar Ulang
  1. Calon Mahasiswa Baru membayar biaya daftar ulang sesuai dengan yang tertera dalam surat panggilan (Khusus sumbangan Tridharma PT dapat diangsur 4x dalam satu tahun)
  2. Calon Mahasiswa Baru mendapatkan potongan sumbangan Tridharma sebesar Rp. 1.000.000
  3. Bukti pembayaran dikirim ke admin PMB melalui Email, Whatsapp atau upload di dashboard akun Calon Mahasiswa Baru (CAMABA)
  4. Kirim berkas persyaratan daftar ulang ke email PMB atau upload di dashboard akun Calon Mahasiswa Baru (CAMABA)
  5. Admin Verifikasi berkas yang masuk, kemudian mengirimkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) ke mahasiswa baru
  6. Mahasiswa Baru yang sudah mendapatkan NIM akan menerima fasilitas berupa: Jas Almamater, Baju Seragam Fakultas, Buku Panduan Akademik (saat berada di kampus INSTIPER)
KHS Online di Sistem Informasi Akademik

Setiap mahasiswa baru agar bisa mengakses sistem informasi akademik maka mahasiswa harus Login di siakad.instiperjogja.ac.id dengan menggunakan NIM sebagai username dan password selanjutnya mengisi data diri dengan lengkap

Frequently Asked Questions

Pertanyaan

Iya bisa, dapat diangsur maksimal 4x dalam kurun waktu 1 tahun

Tentu bisa, disarankan secara aktif mengikuti segala informasi yang ada di INSTIPER khususnya beasiswa

Bisa mendaftarkan kembali selama masa pendaftaran sedang berlangsung atau disarankan mencoba pada minat lainnya yang memungkinkan

Tidak disarankan, tentukan pilihanmu sedari awal hal ini juga akan memudahkan proses belajar nantinya

Iya bisa, selama masa pendaftaran sedang berlaku dan dengan catatan menggunakan email dan nomer HP yang berbeda

Untuk saat ini INSTIPER sedang mengadakan gelombang 1 yang akan berakhir pada minggu keempat bulan April